Thursday, June 5, 2014

Day 1, Day 2, Day 3 #Palembang-Jakarta-Jogya-Lombok-Bali-Jogya-Jakarta 2 minggu aja

Lanjutan dari SINI

~Pasar Senen - Lempuyangan (Jogya), Sabtu 17 Mei 2014 - Minggu 18 Mei 2014 #Day 1, Day 2


Kita berangkat naik kereta Progo jam 22:00 dari Pasar Senen ke Lempuyangan Jogya. Tau ga temen-temen, kita sempet shock banget di kereta super ekonomi ini. Yang duduk di depan kita tu 1 bapak-bapak, 1 ibu-ibu, dan 1 nenek-nenek. Mereka ngakunya Jogya asli. Ketika kereta udah mulai jalan, mereka sibuk bentangin koran lalu tidur di bawah kolong kereta. Yaa ampun.. sumpah selain shock bikin ngerasa ga nyaman juga. Masa iya, kita duduk dengan kaki di atas kepala atau badan orang tua si ? Tapi si bapak bilang, orang Jogya emang biasa kaya gini. Si ibu-ibu dan nenek-nenek tidur di kolong dan si bapak tidur di bangku depan kita. Woooww.. bikin ga bisa tidur juga ini.

Tapi, karena ngantuk akhirnya ketiduran juga. Yasudah.. masa bodo lah dengan kesopanan. Lah.. si bapak udah bilang biasa aja (*ngeles

Pagi telah tiba.. Sekitar jam 7 pagi kita sampai di Lempuyangan. Baru turun kereta, bapaknya bilang kalo kita bisa naik kereta di depan kita buat ke Stasiun Tugu. Ohh.. Pak, kereta nya udah mau jalan. Walau bapak bilang naiknya free, tetep aja kita ga bisa naik itu. Hiks.. (*Jangan dicoba ah.. nanti salah naik kereta, nyasar, terus kasus karena ga punya tiket kan gawat.. Inget, ini kota orang..

Yuni udah calling-calling minta di jemput. Nah, berhubung Yuni kehabisan tiket murah meriah kita, jadinya doski beda kereta donk dan kita jemput di stasiun Tugu. Bermodal info dari temen kalo Lempuyangan ke Tugu itu deketnya kayak dari Gambir ke Pasar Baru, jadilah kita jalan kaki ke Tugu. Lumayan lah 10-20 menit olahraga peregangan kaki buat bales dendam karena ga bisa lurusin kaki di kereta. Hehe..

Lucunya, GPS aku mati.. mampus dah sinyal disini susah banget. Kata temen aku yang sekarang lagi S2 di Jogya si, disini yang kenceng Mentari. Haiish.. (*nanti tak kenalin ama Nasra a.k.a Aca

Pesen moral yang di dapet di pagi hari adalah, ketika keluar stasiun pasti banyak becak-becak yang nawarin nganter ke Malioboro. Keluar stasiun ditawari Rp. 5000. Jalan dikit ampe lampu merah kereta, ditawari Rp. 3000. So, pinter-pinter aja jalan kaki (*Loh ???

Pesan moral yang di dapet di pagi yang terik adalah, kalo mau nanya ama penduduk musti jelas ya atau karena aku nya emang ga jelas si.
Aku : "Pak, stasiun Tugu yang mana ?" (*padahal jelas-jelas udah di Stasiun Tugu.
Bapak Stasiun : "Kemana  ?"
Aku : "Tugu, Pak."
Bapak Stasiun : "Oh.. lurus aja.. sekitar 1-2 kilo lah"

Dan dengan semangat 45 dan bercucuran keringat kita jalan sambil bawa carriel yang beratnya kira-kira 9 kiloan (*ceritanya belom ngeh kalo ada penitipan barang di stasiun

~Nyampe Tugu

Aku : "Pak, stasiun tugu yang mana  ?"
Bapak Tugu : "Wah.. Ini Tugu, kalo stasiun tugunya kesana, neng.. " (*nunjuk arah jalan tadi
Aku : Pingsan !!!!! (*Oalaaah.. miss com

~Jalan balik arah 10-20 menit. Sampe Stasiun Tugu
~Bersih-bersih, mandi, gosok gigi, cuci muka, ganti baju, plus bikin antrian toilet jadi panjang

Dari rencana si malem ini emang mau nginep di stasiun tugu aja. Kondisi stasiunnya enak kok. Tempat tunggu ama kamar mandi nya oke lah buat tempat umum macem stasiun. Beberapa menit kemudian Aca jemput.

Kita sewa motor Rp 53.000 buat 24 jam. Rp. 25.000 buat 12 jam. Bensin Rp. 16.000

Kata Aca si, ada ojeg taxi di sekitar stasiun tugu. Lucu ya.. baru denger ada ojeg yang make argo. Harganya si jauh dibawah taxi. Tapi di cari-cari ga nemu, malah nemu di google penampakannya kayak gini.



Dan.. brum.. brum.. bermodal motor sewaan kita menuju.. KETEP PAS.. Eits.. karena Aca ga tau jalan dan keburu siang, akhirnya kita ke BOROBUDUR aja deh.. HTM Borobudur Rp. 30.000. Eh keburu siang karena kita makan dulu si. Astaga aku yaaa.. padahal di sepanjang jalan ada banyak yang jual makanan.. Eh aku malah ga ngeh sama sekali sampe di bilang Aca, "Kamu ngelamun, Ka ?" (*Tikaa beneran ga liat, Ca :P

Entah karena waktu SMA udah pernah ke Borobudur atau gimana, kesannya ga se-wah dulu.. Aku di bonceng Aca. Tapi disinilah cerita dimulai. Ga jauh dari gerbang memasuki kawasan Borobudur, ban motor Aca bocor. Astaga lagi.. jadinya kita jalan kaki nyari tambal ban. Hahaha..

Pulangnya si sebenernya sekitar jam 5 sore. Tapi ternyata ban motor Aca bocor lagi. Oaalah.. jadi ga enak banget udah ngerepotin temen yang satu ini. Udah lama ga ketemu eh kita malah bikin masalah. Oh yaa.. Di itin kita sebenernya mau ke Malioboro, Borobudur, Ketep pas, sama Bukit Bintang. Rencana ga sesuai lapangan sodara-sodara. Karena udah masuk siang jadi musti milih antara Borobudur atau Ketep pas. Dan karena Ketep pas kejauhan (*ditambah Aca ga tau jalan kesana, jadinya ke Borobudur. Bukit Bintang ? Hoooam.. kata Aca cuma tempat menikmati lampu-lampu rumah orang yang kesannya jadi kaya bintang. Lebih kece yang di Bandung. OK. Skip.. :D

Zzz.. jam 10 malem kita nyampe stasiun tugu. Keliling malioboro bentar tapi ga lupa donk, nitipin barang dulu. Ditanya mau sampe jam berapa, kita jawab jam 12. Ohh 2 jam.. Bayarnya Rp.10.000

Keliling malioboro dengan keadaan cape bener-bener ga nyaman deh. Alhasil baru aja depan Circle K langsung mau makan aja. Hahaha tau-tau pas duduk sebelahan ama orang Jogya di kereta mau ke Banyuwangi, dia ngasih tau kalo deket-deket Tugu itu yaah makanan yang harga nya the best expensive.
Dan Hey.. buat yang pengen nginep di Jogya, cari aja di kawasan Malioboro di jalan  Sosrowijayan. Berkisar Rp. 70.000an per orang. (*Kita nginep di Stasiun Tugu ya. Awalnya mau tidur di ruang tunggu. Tapi jam 11.30 malem di usirin ama satpamnya. Hahaha.. Kita aja yang pura-pura ga baca tulisan "Ditutup dari jam 22.00 - 06.00". Jadi deh, tidur di depan loket dengan alarm suara kereta. Dikit-dikit.. Tooot... Toooot.. Hahaha.. Rame si, tapi kayanya cuma kita bertiga yang cewek. Aman loh.. Just info, stasiun ini 24 jam. Jam 1 ampe jam 5 pagi masih ada kereta yang berangkat. Penjaga loketnya pun selalu stand by. Buat yang ga biasa tergeletak sembarangan (*emang barang? jangan lupa bawa koran buat alas tidur plus tolak angin ama jaket yang tebel. Kita aja pada masuk angin ditambah tulang yang remuk-remuk semua tapi justru itulah indahnya perjalanan kita. Hahaha..

Nah, pengeluaran kita di hari pertama D1 adalah :
Sarapan Mie Ayam
Rp. 15.000
Sewa motor Rp.53.000 + Bensin Rp. 16.000
= Rp 69.000/3
Rp. 23.000
HTM Borobudur
Rp. 30.000
Penitipan barang di stasiun tugu Rp. 10.000/3
Rp.   4.000
Makan malem Nasi Goreng
Rp. 15.000
Minum sepanjang hari
Rp.   8.500
Total D1 + D2
Rp. 95.500


Kenapa jadinya hari 2, 3 aku gabung ? Karena perjalanan dari Lempuyangan ke Banyuwangi baru sampe 12-13 jam. Jadi seharian itu kita cuma duduk manis di kereta sambil cuci mata (*padahal ga nemu cowo cakep satupun. Hiks..

~Lempuyangan (Jogya) - Banyuwangi Baru, Senin 19 Mei 2014 #Day 3

Malemnya udah di servis stasiun Tugu. Nah, sekarang kita naik kereta ke Banyuwangi Baru dari Lempuyangan. Jalan kaki lagi Gooo.. Berangkat jam 07.45 - 20.40. Berangkat pagi, sampe-sampe malem. Lama kan ??? 13 jaman.

Yuni, Tika, Indah
Bersarung tapi pake sepatu. Ga matching ah.. hahaha..

Ini tukang poto jagoan kita, Nasra a.k.a Aca. Di poto ga pernah mau.. Untungnya aku bisa candid. Hahaha..

Dari yang aku baca-baca dari blog tetangga, perjalanan ini seru jadi jangan tidur. Dimulai dari hutan Jati yang meranggas di Madiun, Lumpur Lapindo Sidoarjo, sampai hutan lebat Glenmore di Banyuwangi. Dari kesemuanya itu, walopun udah lirik kanan kiri, tetep aja ga liat. Hahaha.. Masa ya, cuma liat lumpur Lapindo ? Itu pun baru ngeh pas perjalanan balik ke Lempuyangan lagi :(

Di kereta Sri Tanjung menuju Lempuyangan
Udah kaya private seat aja kita, banyak yang turun-naek aja

Akhirnya nyampe Banyuwangi Baru. Kenalan ama tante-tante (*mba rempong, yang ngajakin bareng sampe Bali. Jajan dulu di Indomaret legendaris penyelamat para backpacker. Dari Banyuwangi Baru tinggal jalan ke kanan.. deket banget deh. Ga nyampe 10 menit kok. Yang lama cuma nunggu tante rempong yang katanya mau balik ke stasiun buat ngurus tiket pulang dulu. Duuuuh.. mbaaa.. Ini mau bareng tapi kok dianya malah kayak minta di kawal ama kita. Nanya kapal aja musti kita. Duuuh.. mbaaa.. Duuuh.. (*ngarepnya bisa ngikutin orang biar ga repot eh kita yang direpotin.

Untuk pengeluaran kita di hari ketiga D3 adalah :
Sarapan di Lempuyangan
Rp.   8.000
Makan siang di kereta (*Nasi Goreng Ayam + Es Jeruk
Dih.. yang jual ga bilang kalo ada nasi goreng telur
Rp. 19.000
Melon, Tahu (*Ibu-ibu yang jualan
Rp.   4.000
Naik Ferry dari Ketapang ke Gilimanuk
(*1 jam, beli di loket ya.. Kalo ga ngasih uang pas suka dibuletin. Kita aja bertiga yang harusnya Rp. 19.500 jadi Rp.20.000
Rp.   6.500
Jajan Indomaret (*Snack + Minum
Rp.   9.000
Total D3
Rp. 46.500

Day 4, Kita di BALI.. Yeay.. !!!

No comments:

Post a Comment