Sunday, June 8, 2014

Day 10 #Palembang-Jakarta-Jogya-Lombok-Bali-Jogya-Jakarta 2 minggu aja

Lanjutan dari SINI

~ Where is My lovely Jacket ? - Senin 26 Mei 2014

Pagi yang rempong. Males banget bangun pagi-pagi. Rencana mau ke Tanah Lot ga jadi. Kalo lagi halangan ga boleh masuk. Huwwwaa.. yasudahlah. Mau ke Ubud ? Jauh juga. Terus masa hari ini tidur-tiduran aja ? Oke, langsung checkout terus ke Nusa Dua. Dan jeng.. jeng.. Jaket mana Ka, Jaket ? Hilang ? Wessss.. baru nyadar disini (*nunduk lesu nyari pojokan buat nangis


~ Pantai Nusa Dua

Kita ke Nusa Dua naek transbagita di halte yang sama dengan yang kemarin. Belajar dari hari kemarin akhirnya kita ngaku umum. Nunggu busnya lama banget, ada kali sejam. Selama nunggu kita kenalan sama ibu-ibu di halte. Beliau tujuannya ke Jimbaran (*naek tujuan GWK jadi kita misah.


Rute Transbagita

Si ibu-ibu ini yang ternyata namanya Bu Intan ini baek banget. Kebetulan ibu-ibu ini muslim. Akhirnya ya bisa nanya-nanya ama orang lokal dengan nyaman dan ga di tutup-tutupin. Dari sini kita baru tau kalo Kuta itu ternyata mahal. Padahal dari blog-blog tetangga banyak dibilang kalo Poppies Lane itu udah murah banget. Oke.. lanjut nanya, ternyata Ibu ini asli Padang tapi nikah ama orang Bali dan udah 10 taonan tinggal di Bali. Di Bali banyak muslim juga kok, tapi bermukimnya bukan di daerah wisata. Kalo mau nginep lebih murah di Nusa Dua atau Jimbaran aja, bisa dapet Rp. 70.000/kamar. Atau kalo mau bisa nginep di tempat penduduk (*Ibunya nawarin nginep di tempat dia. Untuk soal sewa mobil, kalo di Kuta Rp. 500.000 eh kalo umum cuma Rp. 150.000. Hebat banget ya Bali (*tepok tangan.

Dapet wejangan lagi dari Bu Intan, baiknya nanya sama orang muslim aja karena muslim kan sodara jadi ga akan ngerjain kita. Hm.. bukan maksud rasis ya, tapi setau aku muslim di Bali emang agak di bedain (*pernah baca berita kalo sekolah di Bali ga boleh pake kerudung. Akhir cerita kita tukeran no hape dan misah. Nah, buat temen-temen yang mungkin butuh bisa kontak aku aja yaa. Hehe..

Fyuuh.. akhirnya nyampe Nusa Dua. Kelaperan kan, akhirnya jajan sama ibu-ibu yang jualan ga jauh dari halte. Beli nutrisari sama bakwan. Eh.. liat kerupuk kulit jadi pengen. Kebetulan waktu itu ada bapak-bapak yang lagi jajan juga.

Aku : "Yang ini berapa, Bu ?"
Ibu : "Tiga ribu."
Aku : diem.
Ibu : "Yang enak emang mahal, neng."
Bapak : "Ini kulit celeng bukan, Bu ? Kok mahal ?"
Ibu : "Oh.. ga, Pak." #kayak sengaja bilang ga, biar aku jadi beli.
Ibu : "Kulit celeng sekarang mahal, ga bisa buat jualan dulu."
Kita : #Huwwwaa.. untung bapaknya nanya.

Hahaha.. Ka.. Ka.. Kalo udah soal makanan kadang lupa nanya, lupa tempat. Untung aja ga jadi beli. Ngeri juga, abisnya ibu nya kaya boong gitu. Pelajaran baru ni, kalo jajan di Bali baiknya nanya makanannya dari apa.

Selain itu, tadinya kita pengen beli nasi tapi takut ibunya ngaku daging ayam padahal daging babi. Huff.. ga nyadar deh gue, beli bakwan.. minyak gorengnya abis dipake buat goreng babi ga ? Wallahualam..

Ohyaa.. temen-temen.. Jangan heran yaa kalo orang-orang Bali ini kesannya maksa kalo jualan, apalagi kalo jualannya pagi. Katanya si kalo jualan pagi cepet lakunya berarti jualan seharian ini bakal banyak yang laku. Terus ya kalo jualan makanan suka yang penting laku aja. Ga ngeliat kita muslim atau ga. Tapi, tergantung orangnya juga ya. Jadi ga usah ngerasa ga enak juga kalo ga jadi beli. Toh ya, besok-besok ga ketemu lagi. Hehehe..

Udah kenyang ni ceritanya, kita lanjut jalan. Lumayan lah kira-kira 10 menit jalan kaki kita ketemu Pantai Nusa Dua.


Pantai Nusa Dua

Biru banget

Pohon di Pantai Nusa Dua

Patung di Nusa Dua

Di deket patung Wisnu

~ Terminal Ubung - Gilimanuk - Ketapang.. Yeeaaah Nyampe Banyuwangi

Puas poto-poto di Nusa Dua, kita pulang sekitar jam 15.00 WITA. Terus naek transbagita lagi. Turun di halte Tohpati. Wuiih gila jauh juga yaa dari Nusa Dua. Halte Tohpati ini letaknya sebelum lampu merah. Buat naek angkot ke Ubung, kita musti jalan lurus terus nyebrang lampu merah. Nah, di deket lampu merah ini banyak ojeg. Katanya si kalo naek ojeg sekitar Rp. 15.000an. Tapi kita milih naek angkot aja deh. Karena ngindarin ojeg, kita jalan kaki dikit baru nungguin angkot. Angkotnya warna biru. Ongkosnya Rp. 10.000. Perjalanan sekitar setengah jam lah.

Wow.. bagi yang ga biasa di keramaian kayak aku, pasti langsung pusing. Yaa gimana ga, bayangin ya.. Belum juga angkotnya berhenti, calo-calo udah ngejer aja ngegantung di angkot terus nanyain penumpang angkot mau pada kemana. Serem dah.. Pada maksa lagi. Udah kayak mau ngekeroyok orang aja.

Untungnya tujuan kita ke Gilimanuk. Jadi pas mereka tau kita mau ke Gilimanuk, langsung di lepas aja. Fyuuh.. Padahal aku sempet salah sebut.. Abisnya ditanyain mau ke Jawa mana. Yaa.. aku langsung mikir nanti ke Jawa ya ? Jawa mana yaa? Geblek.. Aku malah jawab mau ke Ketapang karena aku pikir kalo udah nyebrang kan udah masuk Jawa. Hahaha.. Dasar kamu, Kaa.. tu calo udah mau maen tarik aja. Untung aja Indah nanya, bukannya ke Gilimanuk yaa ? Hahaha.. akhirnya kita selamat setelah nyari mushollah dan sholat Zuhur - Ashar sembari nunggu Magrib - Isya (*baru kali ini dah ngeliat ada yang sholat di rapel jadi 4 dengan jeda 8 menit doank :P

Nah, belajar dari pengalaman sebelumnya. Akhirnya kita milih duduk di depan. Busnya berwarna biru, nama bus nya bukan bus bahagia. Jalannya kurang lebih 5 jam. Sempet berhenti bentar di jam ke 3 atau 4 gitu. Sopirnya haus, beli minum terus ngebut lagi. Gilee.. jalannya nikung-nikung, udah gelep, kiri kanan pohon gede-gede lagi. Tadinya ada 5 orang cewe ama kita, tapi lama-lama tinggal kita bertiga aja. Duuh.. mulai serem lagi (*inget kejadian pertama kali ke Padang Bai. Tapi amaaan kok asal duduk depan. Ongkos bus nya Rp. 35.000.

Nyampe Gilimanuk tetep amaan. Cuma ada mas-mas mau ngajakin bareng tapi kita cuekin. Hahaha.. Lurus dikit, nemu loket, ke toilet, nyari kapal, dan.. ternyata kita ketinggalan kapal. Ohhh oke.. baru aja kita ditinggalin kapal eh udah ada kapal baru. Okee banget dah service-nya. Ga nyampe 5 menit langsung ada kapal lagi (*tepok tangan.

Akhirnyaaaa.. meninggalkan Bali.. Oh senangnya.. Ketapang.. Huwwaa.. jam kembali normal. Keluar pelabuhan kita langsung liat masjid. Tapi karena masjidnya kayak ada tulisan "habib" gitu, aku jadi ogah. Hmm.. agak nyesel juga si karena baru tau kalo ternyata di masjid itu ada penyewaan alas tidur ama bantal. Cukup bayar Rp. 3.000 untuk donasi masjid. Huahahaha.. Okee.. kurang informasi ni. Hahaha..

Nyampe stasiun Banyuwangi tebak apa yang terjadi ? Hahaha.. stasiunnya ditutup. Uhh.. kirain sama kayak stasiun Tugu. Jadi deh tidur di luar banget dengan di ademin oleh angin malam yang sepoinya nusuk banget (*Duh.. mana ga ada jaket, pake kain Bali mah ga ngefek ih. Untungnya si yang tidur diluar lumayan rame (*padahal cuma ada 1 cewe kecuali kita, yang laen cowo semua. Rrrrr..

Pas subuh, sekitar jam 04.30 WIB loket stasiun buka. Jam 05.30 WIB pintu stasiun baru buka. Tiket kita di tahan, cuma boleh numpang subuhan doank. Abis itu disuruh keluar lagi. Duuh.. Pak.. Kok ribet si ? Masa abis sholat kita langsung disuruh keluar ama satpamnya ? Sopan banget deh.

Karena kita punya nyonya rempong, jadinya kita baru kelar jam 6 lewat. Kereta kita jalan jam 06.30 WIB. Baru aja mau keluar eh.. disuruh masuk lagi. Okee.. Okee.. langsung cus kita ke Jogya.. Yippi.. !!!

Jadi, pengeluaran di hari ke sepuluh adalah :

Transbagita (By Pass Ngurah Rai, kuburan Cina - Nusa Dua)
Rp.       3.500
Transbagita (Nusa Dua - Tohpati)
Rp.       3.500
Tohpati - Terminal Ubung
Rp.     10.000
Jajan di Nusa Dua
Rp.       5.000
Makan Soto di Ubung
Rp.     13.000
Bis Ubung - Gilimanuk
Rp.     35.000
Kapal Gilimanuk - Ketapang
Rp.       6.500
Makan siang di kereta
Rp.       5.000
Total D10
Rp.     81.500

No comments:

Post a Comment